Rabu, 21 Desember 2011

Membentuk File Random di Basic


File random di BASIC adalah file yang pada OPENnya bisa digunakan untuk menulis maupun membaca sekaligus. Untuk menulis digunakan perintah PUT, sedangkan untuk membaca digunakan perintah GET. Setiap field (atribut) harus ditentukan panjangnya.
Contoh Membuat File Random
CLS                                                                      
TYPE DataTeman                                                            
         nama AS STRING * 25
         alamat AS STRING * 40
         notelp AS STRING * 7
END TYPE                                                                 
DIM simpan AS DataTeman                                                   
OPEN "TEMAN.DAT" FOR RANDOM AS #1 LEN = LEN(simpan)                         
FOR i = 1 TO 10                                                     
   INPUT "Nama   : "; simpan.nama                                           
   INPUT "Alamat : "; simpan.alamat                                            
   INPUT "No.Telp : "; simpan.notelp                                          
   PUT #1, i, simpan                                                       
      NEXT                                                                    
CLOSE #1                       
Catatan :
1.               TYPE  dapat dikatakan sebagai pendeklarasian sebuah record, yang setiap fieldnya didefinisikan jenisnya (berada di antara TYPE dan END TYPE).
2.               AS STRING * n  adalah pendefinisian sebuah field yang dinyatakan sebagai string dan panjangnya n karakter. Jenis lainnya adalah : integer, long, single, dan double (lihat jenis-jenis variabel numerik).
3.               DIM x AS y adalah mendefinisikan sebuah variabel x sebagai variabel dari nama record, yang setiap fieldnya sudah didefinisikan di TYPE y.
4.               LEN adalah jumlah byte (karakter) yang dibutuhkan untuk sebuah record. Biar tidak perlu menghitung, digunakan LEN = LEN(x).
5.               Simpan.npm dan sejenisnya adalah pembentukan nama variabel yang merupakan bagian dari record (akan menjadi nama field).
6.               PUT #n,m, adalah perintah untuk menulis (merekam) data dari buffer memori utama komputer ke file. n adalah identifikasi file yang sedang dibuka, m adalah nomor record (address) yang akan digunakan untuk menyimpan record data. Hindari collision (benturan) penggunaan nomor record  yang sama untuk record  data yang berbeda.
Buffer memory adalah tempat menampung data sementara, baik yang akan masuk ke memori utama untuk diolah (setelah kita mengetikkan data melalui keyboard), maupun yang keluar dari memori utama untuk direkam ke memori sekunder (misalkan disket).
Printer juga memiliki buffer yaitu tempat menampung data yang datang dari komputer untuk selanjutnya dicetak. Karenanya, sering kita alami bahwa komputer sudah mengirim seluruh datanya, dan dapat dipergunakan untuk hal-hal lainnya, tetapi printer belum selesai melakukan tugas mencetaknya, itu karena masih ada data yang belum mendapat giliran dicetak di dalam buffer printernya.