Rabu, 21 Desember 2011

Mengapa Laptop Sangat Panas Dan Mati Sendiri ???


Perawatan dan servis Laptop, bahkan memperbaiki Laptop bukanlah pekerjaan mudah. Memperbaiki laptop dua kali lebih susah dari pada PC. Salah satu yang sering muncul adalah laptop sangat panas dan akhirnya laptop mati sendiri atau hang. Mengapa ini terjadi? Menurut pengalaman saya, ini sangat mengarah pada kinerja hardware yang bermasalah.
Laptop mati sendiri dalam kasus ini kemungkinan besar disebabkan panas berlebihan. Mengapa laptop terlalu panas? Penyebabnya adalah proses pendinginan tidak normal alias fan cooling mungkin tersumbat. Setiap laptop memiliki modul pendinginan yang terdiri dari heatsink dan kipas pendingin. Ketika laptop bekerja, prosesor (CPU) memanas dan karena itu heatsink semakin panas juga. Pada beberapa tingkat suhu, jika terlalu panas, Processor akan mogok dan laptop mati.
Masalahnya dimulai ketika modul pendinginan laptop mengumpulkan debu terlalu banyak di dalam. Biasanya debu berkumpul diantara kipas dan heatsink. Debu menyumbat heatsink dan mencegah aliran udara normal di dalam modul pendinginan. Akhirnya, prosesor akan sangat panas dan mematikan laptop tiba-tiba. Masalah ini bisa diperbaiki dengan membersihkan modul pendinginan laptop.
Membersihkan laptop modul pendinginan.
Perhatikan gambar di bawah ini;