Kamis, 08 Desember 2011

Sejarah jaringan komputer


Sebelum adanya jaringan komputer yang didasarkan pada beberapa jenis sistem telekomunikasi, komunikasi antara mesin perhitungan dan komputer awal dilakukan oleh pengguna manusia dengan membawa petunjuk di antara mereka. Banyak dari perilaku sosial dilihat di Internet saat ini telah menunjukkan hadir di abad kesembilan belas dan bisa dibilang dalam jaringan bahkan sebelumnya menggunakan sinyal visual.
Pada September 1940 George Stibitz menggunakan mesin teletype untuk mengirim petunjuk untuk masalah set dari nya Model di Dartmouth College di New Hampshire untuk Kompleks nya Nomor Kalkulator di New York dan menerima hasil kembali dengan cara yang sama. Menghubungkan sistem output seperti teletypes untuk komputer adalah suatu kepentingan di Advanced Research Projects Agency (ARPA) ketika, pada tahun 1962, JCR Licklider dipekerjakan dan mengembangkan kelompok kerja yang disebut "intergalaksi Jaringan" teks Bold, sebagai awal dari ARPANet.
Pada tahun 1964, para peneliti di Dartmouth dikembangkan Dartmouth Time Sharing System untuk pengguna terdistribusi sistem komputer besar. Pada tahun yang sama, di MIT, sebuah kelompok penelitian yang didukung oleh General Electric dan Bell Labs menggunakan komputer DEC ke rute dan mengelola sambungan telepon.
Sepanjang tahun 1960 Leonard Kleinrock, Paul Baran dan Donald Davies independen dikonsep dan mengembangkan sistem jaringan yang digunakan datagrams atau paket yang dapat digunakan dalam jaringan antar sistem komputer.
1965 Thomas Merrill dan Lawrence G. Roberts menciptakan jaringan area pertama yang luas (WAN).
Sakelar banyak digunakan pertama PSTN yang digunakan mengendalikan komputer yang benar adalah Electric Barat diperkenalkan pada tahun 1965.
Pada tahun 1969 University of California di Los Angeles, SRI (dalam Stanford), University of California di Santa Barbara, dan University of Utah tersebut dihubungkan sebagai awal dari jaringan ARPANET menggunakan 50 kbit / s sirkuit. layanan komersial menggunakan X.25 dikerahkan pada tahun 1972, dan kemudian digunakan sebagai infrastruktur dasar untuk memperluas jaringan TCP / IP.
Jaringan Komputer, dan teknologi yang diperlukan untuk terhubung dan berkomunikasi melalui dan di antara mereka, terus drive perangkat keras komputer, perangkat lunak, dan industri peripheral. Ekspansi ini dicerminkan oleh pertumbuhan jumlah dan jenis pengguna jaringan dari peneliti untuk pengguna rumah.
Hari ini, jaringan komputer adalah inti dari komunikasi modern. Semua aspek modern dari Public Switched Telephone Network (PSTN) yang dikendalikan komputer, dan telepon semakin berjalan melalui Internet Protocol, meskipun belum tentu Internet publik. Lingkup komunikasi telah meningkat secara signifikan dalam dekade terakhir, dan ini booming dalam komunikasi tidak akan mungkin terjadi tanpa jaringan komputer semakin maju.